PENELITIAN TINDAKAN KELAS PAKEM ONE MINUTE SONG

ANAK BARU NGIKUTIN LESSONBAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pada jenjang Sekolah Menengah Pertama ( SMP ), biologi merupakan salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam, dan sebagai dasar untuk mempelajari materi – materi biologi pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu Pendidikan Menengah Atas baik SMA maupun SMK Pertanian. Ilmu biologi merupakan ilmu dasar yang mempelajari gejala, fenomena makhluk hidup baik tumbuhan hewan mupun manusia yang peranannya dapat menyejahterakan kehidupan manusia.

Biologi pada pembelajaran di sekolah merupakan pelajaran yang menarik karena pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas tapi dapat dilakukan di laboratorium sekolah maupun lingkungan sekitar.Namun pada kenyataannya hasil belajar mata pelajaran IPA khususnya biologi belum begitu menggembirakan. Di SMP Negeri 2 Bobotsari pada semester gasal tahun 2006/2007 khususnya konsep sistem rangka rata – rata siswa yang mendapatkan nilai ≥ 6,3 ( sebagai kriteria ketuntasan minimum ) sebanyk 50 %

Berdasarkan hasil pengamatan guru salah satu faktor rendahnya pencapaian nilai pada konsep sistem rangka ini, disebabkan karakteristik materi banyak menuntut siswa untuk menghafal tulang yang menyusun rangka tubuh manusia yang jumlahnya cukup banayak . Metode pembelajaran yang diterapkan selama ini belum dapat memberikan retensi ( daya ingat) yang dapat bertahan lama.

Metode Pakem One Minute Song merupakan metode pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Metode ini dirancang khusus untuk menguasai konsep rangka tubuh manusia dimana siswa diajak bernyanyi dalam durasi satu menit tentang rangka tubuh manusia.

Pemilihan alternatif penguasaan konsep sistem rangka menggunakan metode Pakem One Minute Song, berdasarkan hal – hal sebagai berikut :

1. Metode yang digunakan pada pembelajaran konsep rangka tubuh manusia selama ini menggunakan metode ekspositori yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher center) , yang pelaksanaannya ditekankan pada pemberian materi. Sehingga membuat siswa cenderung pasif, cepat bosan dan perhatian terhadap pelajaran rendah, akibatnya pemahaman terhadap materi yang disampaikan guru kurang optimal.

2. Materi IPA biologi konsep rangka manusia banyak menghafal fakta, sehingga untuk memahaminya diperlukan metode yang tepat. Diharapkan dengan metode Pakem One Minute song pemahaman konsep dapat ditingkatkan.

3. Bertolak dari pengalaman, bahwa siswa cepat lupa (daya retensi rendah ) pada materi yang telah diberikan, dengan metode Pakem One Minute Song diharapkan siswa mempunyai daya retensi yang tinggi yaitu dapat mengingat materi rangka manusia dalam jangka waktu yang lama.

4. Dengan metode Pakem One Minute Song pembelajaran akan lebih menarik, menyenangkan dan pembelajaran banyak melibatkan siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi untuk memahami konsep rangka manusia.

B. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, identifikasi permasalahannya sebagai berikut :

1. Pemahaman konsep rangka tubuh manusia yang rendah.

2. Daya retensi yang rendah pada konsep rangka tubuh manusia.

3. Konsep rangka manusia banyak yang bersifat hafalan.

4. Metode yang digunakan dari waktu ke waktu monoton yaitu menggunakan metode ekspositori.

C. Perumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah tersebut di atas, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut :

” Apakah melalui metode Pakem One Minute Song dapat meningkatkan pemahaman konsep biologi bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Bobotsari pada semester gasal tahun pelajaran 2007/2008 ? ”

D. Pembatasan Masalah

Agar tidak terjadi penafsiran berbeda dalam rangka membatasi ruang lingkup permasalahan terhadap judul penelitian ini, maka perlu diberikan batas – batas sebagai berikut :

1. Pemahaman konsep

Pemahaman konsep, mencakup semua sub ranah dalam ranah kognitif Depdiknas (2007: 60) yang merupakan salah satu aspek penilaian dalam pembelajaran IPA.

2. Rangka tubuh manusia

Pemahaman konsep yang digunakan oleh peneliti dalam Penelitian Tindakan Kelas dibatasi pada pemahaman konsep rangka tubuh manusia, siswa setelah pembelajaran diharapkan dapat memahami konsep rangka tubuh manusia

3. Metode Pakem One Minute Song

Metode Pakem One Minute Song merupakan metode yang dirancang khusus untuk memahami konsep rangka tubuh manusia. Pakem merupakan singkatan dari pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan Sudrajat (.wordpress.com/2008/01/22/konsep-pakem/ – 71k ).

One Minute Song merupakan nyanyian berdurasi satu menit, siswa mengenal susunan tulang – tulang rangka manusia dengan menyanyikan lagu rangka tubuh manuasia yang lirik lagunya merupakan singkatan dari nama tulang – tulang penyusun tubuh manusia.

Responses

  1. pak, sya guru sebuah man sebuah desa di bawu, saya sgt tertari dengan metode one minute song. dan saya pingin tau lebih tentang one minute song.
    litik lagunya yang seperti apa?
    apakah saya boleh download one minute song nya?

    terimakasih sebelumnya.
    besar harapan saya untuk one mite songnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: