Oleh: herrywidayat | Januari 15, 2009

PTK SQ3R

dsc006472dsc006432

dsc00650dsc00653

BAB II

LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN

A. Landasan Teori

Metode SQ3R

Menurut Syah (1995 : 130) Metode SQ3R merupakan metode yang bersifat praktis dan dapat diaplikasikan dalam berbagai pendekatan belajar. SQ3R pada prinsipnya merupakan singkatan langkah-langkah mempelajari pokok kajian yang meliputi :

a. Survey, adalah memeriksa atau meneliti atau mengidentifikasi seluruh pokok kajian.

b. Question, adalah menyusun daftar pertanyaan yang relevan dengan pokok kajian.

c. Read, adalah membaca pokok kajian secara aktif untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun.

d. Recite, adalah menghafal setiap jawaban yang telah ditemukan.

e. Review, adalah meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang tersusun pada langkah kedua dan ketiga.

Langkah pertama, dalam melakukan aktivitas survey, guru perlu membantu dan mendorong siswa untuk memeriksa atau meneliti secara singkat seluruh struktur pokok kajian. Tujuannya adalah agar siswa mengetahui panjangnya pokok kajian, judul bagian (headling), dan judul sub bagian (sub headling), istilah kata kunci dan sebagainya. Dalam melakukan survey, siswa menyiapkan pensil, kertas dan alat pewarna (stabilo) untuk mendai bagian-bagian tertentu. Bagian-bagian penting dan akan dijadikan bahan pertanyaan perlu ditandai untuk memudahkan proses penyusunan daftar pertanyaan pada langkah selanjutnya.

Langkah kedua Question, Guru memberikan petunjuk atau contoh kepada para siswa untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan yang jelas, singkat dan relevan dengan bagian-bagian pokok kajian yang telah ditandai pada langkah pertama. Jumlah pertanyaan tergantung pada panjang, pendeknya pokok kajian dan kemampuan siswa dalam memahami pokok kajian yang sedang dipelajari siswa berisi hal-hal yang sebelumnya sudah diketahui, mereka hanya membuat beberapa pertanyaan. Sebaliknya, apabila latar belakang pengetahuan siswa tidak berhubungan dengan isi pokok kajian, maka ia perlu menyusun pertanyaan sebanyak-banyaknya.

Langkah ketiga Read, Guru menyuruh siswa membaca secara aktif dalam rangka mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun. Dalam hal ini membaca secara aktif juga berarti membaca difokuskan pada paragraf-paragraf yang diperkirakan mengandung jawaban-jawaban yang diperkirakan relevan dengan pertanyaan tadi.

Langkah keempat Recite, Guru menyuruh siswa menyebutkan lagi jawaban-jawaban atas pertanyaan yang telah tersusun. Siswa dilatih untuk tidak membuka catatan jawaban. Jika sebuah pertanyaan tak terjawab, siswa tetap disuruh menjawab pertanyaan berikutnya. Demikian seterusnya hingga seluruh pertanyaan, termasuk yang belum terjawab dapat diselesaikan dengan baik.

Langkah kelima Review, Guru menyuruh siswa meninjau ulang seluruh pertanyaan dan jawaban secara singkat.

A. Kerangka Berpikir

kerangka2


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: