Oleh: herrywidayat | Desember 4, 2010

SENI BUDAYA ( SENI RUPA ) KELAS VII SMT 2

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 1

Sekolah : SMP ……………..

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester : VII (tujuh) / 2 (dua )

Standar Kompetensi : 9. Mengapresiasikan Karya Seni Rupa

Kompetensi Dasar : 9.1 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa

terapan daerah setempat

Indikator :

· Mengklasifisikasikan karya seni rupa terapan modern daerah setempat

· Mengidentifikasikan karya seni rupa terapan modern daerah setempat

· Mendiskripsikan secara tertulis beragam jenis, bentuk, teknik, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan modern daerah setempat

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

Mengidentifikasikan karya seni rupa terapan modern daerah setempat

B. Materi Pembelajaran

1. Pengertian seni , cabang-cabang seni, unsur-unsur seni, sifat dasar seni secara umum.

2. Beragam jenis, bentuk, teknik, pembuatan, fungsi,dan makna karya senirupa terapan modern daerah setempat

C. Metode Pembelajaran

Model Pendekatan CTL dan Life Skill

D. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa terhadap seni rupa.

2. Kegiatan Inti

Pertemuan 1

a. Mendefinisikan pengertian seni terapan modern

b. Mengklasifikasi ragam fungsi dan makna karya seni rupa terapan modern

c. Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan modern daerah setempat

3. Kegiatan akhir

Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

Menyimpulkan materi pembelajaran.

E. Alat/Sumber Bahan

Buku pendidikan seni rupa kelas VII SMP (Yudistira)

Media cetak yang berhubungan dengan pokok bahasan.

F. Penilaian

Teknik : Tes tulis

Bentuk : Uraian

Instrumen :

  1. Terangkan apa yang dimaksud dengan seni terapan modern
  2. Sebutkan 3 macam contoh hasil karya seni terapan modern
  3. Sebutkan jenis, bentuk, media dan teknik fungsi dan makna karya seni rupa terapan modern daerah setempat

Mengetahui                                               …………………, 200…

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

________________ ______________

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 2

Sekolah : SMP………………….

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester : VII (tujuh) / 2 (dua )

Standar Kompetensi : 9. Mengapresiasikan Karya Seni Rupa

Kompetensi Dasar : 9.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap

keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat

Indikator : Membuat tanggapan tentang keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan modern daerah setempat

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1. Mendefinisikan tentang apresiasi

2. Mengapresiasikan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan modern daerah setempat.

B. Materi Pembelajaran

Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat.

C. Metode Pembelajaran

Model Pendekatan CTL dan Life Skill

D. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi tentan keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat

2. Kegiatan Inti

a. Siswa membaca referensi tentang karya seni ruipa terapan daerah setempat

b. Mendefinisikan tentang apresiasi

c. Mengamati karya seni rupa terapan daerah setempat

d. Mengunjungi pameran karya seni rupa terapan daerah setempat

e. Membuat ulasan tertulis tentang keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat

3. Kegiatan akhir

Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

Menyimpulkan materi pembelajaran.

E. Alat/Sumber Bahan

Buku pendidikan seni rupa kelas VII SMP (Yudistira)

Media cetak dan model

F. Penilaian

1. Teknik : Tes tertulis

2. Bentuk instrumen : daftar pertanyaan

3. Instrumen : –

Instrumen :

  1. Jelaskan pengertian apresiasi
  2. Buatlah ulasan tertulis tentang keunikan karya seni rupa terapan yang diamati

Mengetahui …………….., ……………….. 200..

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

________________ _____________________

NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 3

Sekolah : SMP ……………..

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester : VII (tujuh) / 2 (dua )

Standar Kompetensi : 10. Mengekspresikan diri melalui Seni Rupa

Kompetensi Dasar : 10.1 Menggambar bentuk dengan obyek karya seni terapan tiga dimensi dari daerah

setempat.

Indikator : - Membuat sketsa gambar bentuk karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat.

- Mengamati contoh-contoh karya seni rupa tiga dimensi

- Menggambar bentuk seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat dengan pewarnaan

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 kali pertemuan)

A.Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1. Membuat sketsa karya seni rupa terapan tiga dimensi

2. Menggambar bentuk karya seni rupa tiga dimensi

Materi Pembelajaran

Beragam jenis, bentuk dan karakter hasil karya seni rupa terapan daerah setempat

B.Metode Pembelajaran

Model Pendekatan CTL dan Life Skill , demonstrasi, penugasan dan praktek

C. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Pre tes

2. Kegiatan Inti

a. Siswa membac referensi tentang gambar bentuk

b. Siswa mengamati contoh karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat

c. Membuat sketsa bentuk dasar benda

d. Menggambar bentuk dengan teknik pewarnaan

3. Kegiatan akhir

a. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

b. Mengumpulkan karya

D.Alat/Sumber Bahan

Buku pendidikan seni rupa kelas VII SMP (Yudistira)

Contoh karya kriya tiga dimensi

E.Penilaian

1. Teknik : tes unjuk kerja

2. Bentuk instrumen : Uji petik kerja produk

3. Instrumen :

Contoh instrument

1.Buatlah desain bentuk dasar benda

2.Buatlah gambar bentuk dengan teknik blok, arsir dan pointilis

NO

Aspek Yang dinilai

SKOR

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

Proporsi

Perspektif

Ketepatan

Teknik

Warna

Finishing

Mengetahui …………………, 200…

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

________________ ______________

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 4

Sekolah : SMP ……………..

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester : VII (tujuh) / 2 (dua )

Standar Kompetensi : 2.Mengekspresikan diri melalui karya Seni Rupa

Kompetensi Dasar : 10.2. Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

Indikator : – Membentuk benda pakai dari seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A.Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1. menjelaskan teknik pembuatan karya seni kriiya

2. Menerapkan teknik pembuatan karya seni kriya yang sudah dipelajari

3. Membuat karya seni kriya dengan teknik daerah setempat

B.Materi Pembelajaran

1. Teknik pembuatan karya seni kriya

2. Karya seni kriya daerah setempat

C.Metode Pembelajaran

Model Pendekatan CTL dan Life Skill

Demonstrasi, penugasan, praktek

D.Langkah-langkah Pembelajaran

1.Kegiatan Pendahuluan

a. Apersepsi}Tanya jawab desain seni kriya

2.Kegiatan Inti

a. Membahas dan mempelajari teknik pembuatan karya seni kriya

b. Membuat desain karya seni kriya daerah setempat

3.Kegiatan akhir

Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

Mengumpulkan karya

E. Alat/Sumber Bahan

Buku pendidikan seni rupa kelas VII SMP (Yudistira)

Model karya seni kriya

F. Penilaian

Teknik: Tes Unjuk Kerja

Bentuk instrumen: Uji Petik Kerja produk

Intrumen:

Buatlah desain karya seni kriya daerah setempat

NO

Aspek Yang dinilai

SKOR

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

Motif

Teknik

Warna

Kerapian

Finishing

Mengetahui

…………………, 200…

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

________________ ______________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 5

Sekolah : SMP …………………………..

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester : VII (tujuh) / 2 (dua )

Standar Kompetensi : 10. Mengapresiasikan diri melalui karya seni

rupa

Kompetensi Dasar : 10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran dikelas atau sekolah

Indikator :

· Mempersiapkan pameran

· Menyiapkan dan menyeleksi karya

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1. Menyiapkan karya yang akan dipamerkan

2. Menyeleksi dan mengelompokkan karya seni rupa berdasarkan jenis, benetuk dan media seni rupa

3. mengadakan pameran sederhana di kelas atau di sekolah

B. Materi Pembelajaran

Pameran

C. Metode Pembelajaran

Model pembelajaran yang digunakan adalah CTL dan Life Skill

D. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

- (apersepsi) Tanya jawab berbagai hal terkait dengan pameran

- (motivasi) menjelaskan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

a. Membahas tentang kriteria karya seni rupa

b. Menyeleksi dan mengelompokkan karya yang akan dipamerkan

c. Mempersiapkan tempat untuk melaksanakan kegiaitan pameran

3. Kegiatan akhir

- Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

- Mengumpulkan karya

E. Alat/Sumber Bahan

Buku pendidikan seni rupa kelas VII SMP (Yudistira)

F. Penilaian

1. Teknik : Tes unjuk kerja

2. Bentuk instrumen : uji petik kerja produk

3. Instrumen : –

Instrumen :

1. Bagaimanakah kriteria karya seni rupa yang baik

2. Sebutkan dasar-dasar pengelompokan karya seni rupa

3. Periapkanlah kelas atau tempat lain di sekolahmu untuk mengadakan pameran

Mengetahui ……………, ……………. 200…..

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

__________________ ___________________

NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 6

Sekolah : SMP …………………………..

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester : VII (tujuh) / 2 (dua )

Standar Kompetensi : 10. Mengapresiasikan diri melalui karya seni

rupa

Kompetensi Dasar : 10.4 Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran dikelas atau sekolah

Indikator :

· Mempersiapkan tempat pameran

· Menata hasil karya seni rupa sesuai dengan tempat pameran

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1. Menentukan tempat yang strategis untuk pameran di sekolah

2. Menyiapkan tempat untuk mengadakan pameran

3. Menata hasil karya seni rupa untuk dipamerakan

4. Mengadakan pameran sederhana di kelas atau di sekolah

B. Materi Pembelajaran

Pameran

C. Metode Pembelajaran

Model pembelajaran yang digunakan adalah CTL dan Life Skill

D. Langkah-langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Pendahuluan

- (apersepsi) Tanya jawab berbagai hal terkait dengan pameran

  1. Kegiatan Inti

a. Membahas tentang penataan ruang pameran

b. Menata karya seni rupa dalam ruang pameran

c. Mengadakan pameran

  1. Kegiatan akhir

- Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

- Mengumpulkan karya

E. Alat/Sumber Bahan

Buku pendidikan seni rupa kelas VII SMP (Yudistira)

F. Penilaian

1. Teknik : Tes unjuk kerja

2. Bentuk instrumen : uji petik kerja produk

3. Instrumen : –

Instrumen :

1. Bagaimanakah kriteria tempat pameran yang baik

2. Buatlah sebuah pameran hasil karyamu sendiri

Mengetahui ……………, ……………. 200…..

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

__________________ ___________________

NIP. NIP.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: