Oleh: herrywidayat | Desember 3, 2010

RPP SENI BUDAYA ( SENI RUPA ) KELAS VIII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 1

 

 

Sekolah                        : SMP  ……………..

Mata Pelajaran  : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester           : VII (tujuh) / 1 (satu)

Standar Kompetensi      : 1.       Mengapresiasikan Karya Seni Rupa

Kompetensi Dasar         : 1.1      Mengidentifikasi jenis karya seni rupa

                                                terapan daerah setempat

Indikator                       :

·         Mengklasifisikasikan karya seni rupa terapan tradisional daerah setem-pat

·         Mengidentifikasikan karya seni rupa terapan trad-isional daerah setempat

·         Mendiskripsikan secara tertulis beragam jenis, bentuk, teknik, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan tradisional daerah setempat

Alokasi Waktu   : 2 x 40 menit

 

A.      Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

Mengidentifikasikan karya seni rupa terapan daerah setempat

 

B.      Materi Pembelajaran

1.       Pengertian seni , cabang-cabang seni, unsur-unsur seni, sifat dasar seni secara umum.

2.       Beragam jenis, bentuk, teknik, pembuatan, fungsi,dan makna karya senirupa tradisional daerah setempat

 

C.      Metode Pembelajaran

Model Pendekatan CTL dan Life Skill

 

D.      Langkah-langkah Pembelajaran

1.       Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa terhadap seni rupa.

2.       Kegiatan Inti

Pertemuan 1

a.       Mendefinisikan pengertian seni terapan

b.      Mengklasifikasi ragam fungsi dan makna karya seni rupa terapan

Pertemuan 2

a.       Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat

3.       Kegiatan akhir

Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

Menyimpulkan materi pembelajaran.

 

E.      Alat/Sumber Bahan

Buku pendidikan seni rupa kelas VII SMP (Yudistira)

Media cetak yang berhubungan dengan pokok bahasan.

 

F.      Penilaian

Teknik                     : Tes tulis

Bentuk                    : Uraian

Instrumen :

  1. Terangkan apa yang dimaksud dengan seni terapan
  2. Sebutkan 3 macam contoh hasil karya seni terapan
  3. Sebutkan jenis, bentuk, media dan teknik fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah setempat

 

 

Lembar penilaian

 

No

Skor perolehan

(a)

Skor maksimal

(b)

Bobot soal

(c)

Nilai tiap soal

1

2

3

 

2

3

5

2

3

5

 

 

 

 

10

Jumlah nilai

 

Keterangan :

Nilai tiap soal                = a/b x c = …

Jumlah bobot soal sama dengan nilai tertinggi

 

 

Mengetahui                                                                   …………………,                200…

Kepala Sekolah                                                             Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

________________                                                        ______________

NIP.                                                                              NIP. 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 2

 

 

Sekolah                        : SMP………………….

Mata Pelajaran              : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester           : VII (tujuh) / 1 (satu)

Standar Kompetensi      : 1.       Mengapresiasikan Karya Seni Rupa

Kompetensi Dasar         : 1.2      Menampilkan sikap apresiatif terhadap

keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat

Indikator                       : -   Mengapresiasi katya 

-      Membuat ulasan tertulis tentang keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat

Alokasi Waktu               : 2 x 40 menit

 

A.      Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1.       Mendefinisikan tentang apresiasi

2.       Mengapresiasikan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat.

 

B.      Materi Pembelajaran

Sikap apresiasi terhadap karya seni rupa terapan daerah setempat.

 

C.      Metode Pembelajaran

Model Pendekatan CTL dan Life Skill

 

D.      Langkah-langkah Pembelajaran

1.       Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi tentan keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat

2.       Kegiatan Inti

a.       Mendefinisikan tentang apresiasi

b.      Mengapresiasikan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat

c.       Membuat ulasan tertulis tentang keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat

3.       Kegiatan akhir

Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

Menyimpulkan materi pembelajaran.

 

E.      Alat/Sumber Bahan

Buku pendidikan seni rupa kelas VII SMP (Yudistira)

Media cetak dan model

 

F.      Penilaian

1.       Teknik                           : Tes tertulis

2.       Bentuk instrumen           : daftar pertanyaan

3.       Instrumen                      : –

 

Instrumen :

  1. Jelaskan pengertian apresiasi
  2. Buatlah ulasan tertulis tentang keunikan karya seni rupa terapan yang diamati

 

 

lembar penilaian

 

No

Skor perolehan

(a)

Skor maksimal

(b)

Bobot soal

(c)

Nilai tiap soal

1

2

 

2

8

2

8

 

 

 

 

10

Jumlah nilai

 

Keterangan :

Nilai tiap soal                = a/b x c = …

Jumlah bobot soal sama dengan nilai tertinggi

 

            Mengetahui ………………..,                              ……………….. 200….

Kepala Sekolah                                                 Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

                                                                      ________________ ____________________________

NIP.                                                                  NIP. 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 3

 

 

Sekolah                        : SMP  ……………..

Mata Pelajaran              : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester           : VII (tujuh) / 1 (satu)

Standar Kompetensi      : 2.       Mengekspresikan diri melalui Seni Rupa

Kompetensi Dasar         : 2.1      Menggambar bentuk dengan obyek karya                                              seni terapan tiga dimensi dari daerah

                                                setempat.

Indikator                       : -   Mendefinisikan gambar bentuk.

                                       -  Membuat sket bentuk dasar benda. 

   -  Menggambar bentuk dengan teknik blok, arsir

dan pointilish

Alokasi Waktu               : 6 x 40 menit   (3 kali pertemuan)

 

A.Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1.       Menggambar bentuk dengan teknik blok, arsir dan pointilish

 

Materi Pembelajaran

1.       Definisi gambar bentuk.

2.       Desain bentuk dalam benda

3.       Teknik blok, arsir dan pointilish.

 

B.Metode Pembelajaran

Model Pendekatan CTL dan Life Skill , demonstrasi, penugasan dan praktek

 

C. Langkah-langkah Pembelajaran

1.   Kegiatan Pendahuluan

a.       Pre tes

2.   Kegiatan Inti

a.       Mendefinisikan gambar bentuk

b.      Membuat sketsa bentuk dasar benda

c.       Menggambar bentuk dengan teknik blok, arsir, dan pointilis

3.   Kegiatan akhir

a.       Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

b.      Mengumpulkan karya

 

D.Alat/Sumber Bahan

Buku pendidikan seni rupa kelas VII SMP (Yudistira)

Contoh karya kriya tiga dimensi

 

E.Penilaian

1. Teknik                         : tes unjuk kerja

2. Bentuk instrumen         : Uji petik kerja produk

3. Instrumen                    :

 

Contoh instrument

1.Buatlah desain bentuk dasar benda

2.Buatlah gambar bentuk dengan teknik blok, arsir dan pointilis

 

  NO

 

Aspek Yang dinilai

SKOR

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

Proporsi

Perspektif

Ketepatan

Teknik

Finishing

 

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                 …………………,                200…

Kepala Sekolah                                                             Guru Mata Pelajaran

 

 

 

________________                                                        ______________

NIP.                                                                              NIP. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 4

 

 

Sekolah                        : SMP  ……………..

Mata Pelajaran              : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester           : VII (tujuh) / 1 (satu)

Standar Kompetensi      : 2.Mengekspresikan diri melalui karya Seni Rupa

Kompetensi Dasar         : 2.2.  Merancang karya seni kriya dengan      memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

             

Indikator                 : – membuat desain jenis benda pakai dengan    teknik dan corak daerah setempat

 

Alokasi Waktu   : 2 x 40 menit

 

A.Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1.       Membuat desain karya seni kriya dengan  teknik daerah setempat

 

B.Materi Pembelajaran

1. Desain seni kriya daerah setempat

 

C.Metode Pembelajaran

Model Pendekatan CTL dan Life Skill

Demonstrasi, penugasan, praktek

 

D.Langkah-langkah Pembelajaran

1.Kegiatan Pendahuluan

{apersepsi}Tanya jawab desain seni kriya

            {motivasi} menjelaskan tujuan pembelajaran

2.Kegiatan Inti

Peragaan desain seni kriya

Membuat desain karya seni kriya

3.Kegiatan akhir

         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

         Mengumpulkan karya

 

E.   Alat/Sumber Bahan

Buku pendidikan seni rupa kelas VII SMP (Yudistira)

Model karya seni kriya

 

F. Penilaian

Teknik: Tes Unjuk Kerja  

Bentuk instrumen: Uji Petik Kerja produk

 

Intrumen:

1.       Buatlah desain karya seni kriya daerah setempat

 

 

 

  NO

 

Aspek Yang dinilai

SKOR

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

Motif

Teknik

Warna

Kerapian

Finishing

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                  

                                                                                                  …………………,              200…

Kepala Sekolah                                                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

________________                                                                    ______________

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 5

 

 

Sekolah                        : SMP …………………………..

Mata Pelajaran              : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester           : VII (tujuh) / 1 (satu)

Standar Kompetensi      : 2.       Mengapresiasikan diri melalui karya seni

                                                rupa

Kompetensi Dasar         : 2.3      Membuat karya seni kriya dengan

memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

Indikator                       : -   Membuat karya seni kriya dengan menggunakan teknik dan corak daerah setempat

 

Alokasi Waktu               : 2 x 40 menit

 

A.      Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1.       Menerapkan rancangan / desain seni kriya corak daerah setempat.

2.       Membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat

 

B.      Materi Pembelajaran

Teknik dan corak seni kriya daerah setempat

 

C.      Metode Pembelajaran

Model pembelajaran yang digunakan adalah CTL dan Life Skill

 

D.      Langkah-langkah Pembelajaran

1.       Kegiatan Pendahuluan

-          (apersepsi) Tanya jawab berbagai hal terkait dengan seni kriya corak daerah setempat.

-          (motivasi) menjelaskan tujuan pembelajaran

2.       Kegiatan Inti

a.       Menggunakan desain karya seni kriya untuk membuat karya kriya

b.      Membuat karya seni kriya dengan corak daerah setempat

3.       Kegiatan akhir

-          Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.

-          Mengumpulkan karya

 

E.      Alat/Sumber Bahan

Buku pendidikan seni rupa kelas VII SMP (Yudistira)

 

F.      Penilaian

1.       Teknik                           : Tes unjuk kerja

2.       Bentuk instrumen           : uji petik kerja produk

3.       Instrumen                      : –

 

Contoh Instrumen :

1.       Buatlah karya seni kriya corak daerah setempat!

                                       

 

  NO

 

Aspek Yang dinilai

SKOR

1

2

3

4

5

1

2

3

Kesesuai desain

Kerapihan

Finishing

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui                                               ………,  ……………. 200…..

Kepala Sekolah                                                 Guru Mata Pelajaran

                       

 

__________________                                                 ___________________

NIP.                                                                              NIP. 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: