Oleh: herrywidayat | Desember 3, 2010

RPP SENI BUDAYA ( SENI RUPA ) KELAS IX SMT 1

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 1

Sekolah : SMP …………………….

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester : IX (sembilan) / 1 (satu)

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasikan seni rupa murni yang di-ciptakan di daerah setempat.

Indikator :

§ Mengidentifikasikan beragam seni rupa murni karya seni rupa daerah setempat.

· Mendeskripsikan beragam jenis bentuk dan fungsi seni rupa murni karya seni rupa daerah setempat.

· Mendeskripsikan sejarah perkembangan seni rupa murni karya seni rupa daerah setempat

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1. Mendefinisikan pengertian seni rupa murni daerah setempat

2. Menyebutkan jenis-jenis karya seni rupa murni daerah setempat

3. Menyebutkan unsur-unsur karya seni rupa murni

4. Menyebutkan cabang-cabang seni rupa

5. Menyebutkan tokoh-tokoh perupa daerah setempat

6. Menjelaskan perkembangan seni rupa Indonesia

B. Materi Pembelajaran

1. Beragam jenis, bentuk, teknik fungsi, makna seni rupa murni di daerah setempat

2. Perkembangan seni rupa murni di daerah setempat

C. Metode Pembelajaran

Pendekatan kontekstual, ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

- apresiasi: Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan dan menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

a. Siswa membaca buku referensi dengan wawasan siswa mengenai materi

b. Membahas tentang pengertian tentang seni rupa murni

c. Menjelaskan unsur-unsur, cabang-cabang karya seni rupa murni

d. Mendiskusikan sejarah perkembangan seni rupa murni dari daerah setempat

e. Tanya jawab

3. Kegiatan akhir

- Guru menyampaikan hasil pembahasannya / kesimpulan

E. Alat/Sumber Bahan

Buku teks, gambar / foto dan VCD guru

F. Penilaian

1. Teknik : Tes tertulis

2. Bentuk instrumen : tes uraian

3. Instrumen : –

Contoh Instrumen :

1. Sebutkan 4 (empat) jenis-jenis karya seni rupa murni di daerahmu

2. Jelaskan perkembangan seni rupa murni di Indonesia

3. Sebutkan fungsi seni rupa murni

4. Sebutkan tokoh perupa Indonesia masa kemerdekaan

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

______________

N IP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 2

Sekolah : SMP …………………….

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester : IX (sembilan) / 1 (satu)

Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar : 1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keuikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah setempat.

Indikator :

· Mendeskripsikan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa murni daerah setempat dan Nusantara

· Membuat tanggapan tertulis tentang karya seni rupa murni Nusantara

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 1 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1. Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa murni daerah setempat

2. Membuat ulasan tertulis tentang karya seni rupa murni daerah setempat

3. Menunjukkan sikap apreasiasi terhadap keunikan karya karya seni rupa murni daerah setempat

B. Materi Pembelajaran

1. Keunikan karya seni rupa murni daerah setempat

2. Apresiasi karya seni rupa murni daerah setempat

3. Membuat deskripsi tentang keunikan seni rupa murni Nusantara

C. Metode Pembelajaran

Pendekatan kontekstual, ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

- apresiasi: Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan dan menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

a. Siswa membaca buku referensi dengan wawasan siswa mengenai materi

b. Membahas tentang pengertian tentang seni rupa murni

c. Mengamati atau melihat rekaman hasil karya seni rupa murni daerah setempat

d. Membuat tanggapan tentang keunikan seni rupa Nusantara

e. Tanya jawab

3. Kegiatan akhir

- Guru menyampaikan hasil pembahasannya / kesimpulan

E. Alat/Sumber Bahan

Buku teks, gambar / foto dan VCD guru

F. Penilaian

1. Teknik : Tes tertulis

2. Bentuk instrumen : tes uraian

3. Instrumen : –

Contoh Instrumen :

1. Tunjukkan 2 keunikan karya Affandi

2. Lukisan Affandi menggunakan aliran apa

3. Cat air dapat digunakan untuk melukis. Sebutkan macam-macam tekniknya!

4. Bagaimana teknik melukis dengan cat minyak

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

______________

N IP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 3

Sekolah : SMP ……………………

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester : IX (sembilan) / 1 (satu)

Standar Kompetensi : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar : 2.1 memilih unsur seni rupa nusantara untuk yang dikembangkan dari unsur-unsur seni rupa nusantara dikembangkan menjadi seni murni

Indikator :

· Mengklasifikasi unsur-unsur seni murni karya seni rupa Nusantara

· Membuat rancangan atau disain pembu-atan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur-unsur seni rupa mur-ni Nusantara

Alokasi Waktu : 4 X 40 menit (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1. Menyebutkan unsur-unsur seni rupa murni

2. Menggunakan unsur-unsur seni rupa dalam merancang karya seni rupa

3. Merancang karya seni murni (lukis) dengan menerapkan unsur seni rupa nusantara

B. Materi Pembelajaran

- Merancang karya seni rupa murni dengan mengambil unsur-unsur seni rupa Nusantara

C. Metode Pembelajaran

Model pendekatan CTL dan life skill

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Apersepsi : Tanya jawab hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang diajarkan

b. Motivasi : menjelaskan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

Membahas unsur-unsur seni rupa murni

3. Kegiatan akhir

a. Menanyakan kesulitan selama PBM

b. Penugasan :

Mengumpulkan karya

Pertemuan 2

  1. Kegiatan Pendahuluan

a. Apersepsi : Tanya jawab hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang diajarkan

b. Motivasi : menjelaskan tujuan pembelajaran

  1. Kegiatan Inti

Merancang karya seni rupa murni berdasarkan unsur-unsur seni rupa yang sudah dipelajari

  1. Kegiatan akhir

a. Menanyakan kesulitan selama PBM

b. Penugasan : Mengumpulkan karya

E. Alat/Sumber Bahan

Karya karya lukis sebagai peraga

Buku pendidikan seni rupa/referensi lain

F. Penilaian

1. Teknik : tes unjuk kerja

2. Bentuk instrumen : Uji petiok kerja produk

3. Instrumen : –

Contoh instrument

1. Buatlah desain karya seni rupa dengan menggunakan unsur seni rupa daerah nusantara.

2. Buatlah karya seni lukis dengan menggunakan unsure seni rupa daerah nusantara

Format:

NO

Aspek Yang dinilai

SKOR

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

Teknik

Komposisi

Proporsi

Warna

Kerapihan

Finishing

1. Sangat Kurang

2. Kurang

3. Cukup

4. baik

5. Sangat baik

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

______________

N IP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 4

Sekolah : SMP ……………………………..

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas / Semester : IX (sembilan) / 1 (satu)

Standar Kompetensi : 2. Mengapresiasi diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar : 2.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara

Indikator : - Membuat karya lukis dengan menerapkan

unsur seni rupa nusantara

Alokasi Waktu : 10 x 40 menit (5 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1. Menjelaskan pengertian karya seni rupa murni Nusantara

2. Mengklasifikasikan karya seni rupa murni nusantara

3. Menyebutkan ragam keunikan, teknik dan gaya berkarya seni rupa murni Nusantara

4. Membuat karya lukis dengan menerapkan unsur seni rupa nusantara

B. Materi Pembelajaran

1. Pengertian karya seni rupa murni Nusantara

2. Ragam Karya seni rupa murni Nusantara

C. Metode Pembelajaran

Presentasi : tanya jawab, demonstrasi dan penugasan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang diajarkan.

2. Kegiatan Inti

Pertemuan I

Membahas karya seni rupa murni Nusantara

Pertemuan II

Membahas keunikan, ragam teknik dan gaya seni rupa murni Nusantara

Pertemuan III

Membuat sketsa/rancangan dengan menerapkan unsur seni rupa nusantara

Pertemuan IV

Membuat karya lukis dengan menerapkan unsur seni rupa nusantara

Pertemuan V

Finishing karya lukis dengan menerapkan unsur seni rupa nusantara

3. Kegiatan akhir

Menanyakan kesulitan siswa selama PBM

Mengumpulkan karya

E. Alat/Sumber Bahan

Buku pendidikan Seni Rupa kelas VII SMP (Yudistira)

Alat dan bahan praktek lukis

F. Penilaian

1. Teknik : tes unjuk kerja

2. Bentuk instrumen : uji petik kerja produk

3. Instrumen : –

Contoh Instrumen :

1. Buatlah karya lukis dengan memanfaatkan unsur seni rupa nusantara!

Lembar penilaian

No

NIS

Nama

Aspek yang dinilai

Jumlah skor

Nilai

Ttd

Gagasan

Penguasaan teknik

Ketepatan bentuk

Kreativitas

1

2

3

Mengetahui

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

______________

N IP. NIP.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: