Oleh: herrywidayat | Mei 14, 2009

RPP IPS KELAS VII SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

SMP/MTs                       : SMP N 2 BOBOTSARI

Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester          : VII / 1

Standar Kompetensi     : 1.    Memahami lingkungan kehidupan manusia

Kompetensi Dasar   : 1.1. Mendiskripsikan keragaman bentuk muka bumi, prose pembentukan   dan dampaknya terhadap kehidupan

Indikator                      :

o        Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya berbagai bentukan di permukaan bumi

o        Mendeskripsikan gejala disatropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api

o        Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan

o        Mengidentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya

o        Mendeskripsikan proses pelapukan

o        Mendeskripsikan erosi dan faktor-faktor penyebab dan dampaknya

o        Memberikan contoh bentukan yang dihasilkanoleh proses sedikmentasi

o        Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya

Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran ( 6 x pertemuan )

 

A. TUJUAN PEMBELAJARAN      :

     Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajarfan, siswa dapat :

1.      Menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi

2.      Menjelaskan gejala diastropisme dan vulkanisme

3.      Membedakan tipe-tipe gunung menurut bentuknya

4.      Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkan

5.      Menyebutkan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya

6.      Menjelaskan terjadinya proses pelapukan

7.      Menyebutkan faktor penyebab erosi dan dampak erosi

8.      Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi

9.      Menjelaskan dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen

B. MATERI  PEMBELAJARAN    :

     1.   Proses alam endogen terhadap pembentukan muka bumi

     2.   Gejala disatropisme dann vulkanisme

     3.   Tipe-tipe gunung menurut bentuknya

     4.   Faktor penyebab terjadinya gempa bumi

     5.   Jenis-jenis batuan menuurut proses pembentukannya

     6.   Proses pelapukan

     7.   Faktor penyebab terjadinya erosi

     8.   Hasil bentukan dari proses sedimentasi

     9.   Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen

 

C. METODE PEMBELAJARAN    :

     1.   Ceramah bervariasi

     2.   Diskusi

     3.   Inquiry

     4.   Tanya jawab

     5.   Simulasi

     6.   Observasi / pengamatan

 

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN      :

Pertemuan I :

a.        Pendahuluan

1.       Apersepsi               : Sebutkan nama gunung api yang pernah kalian lihat dan dengan

2.     Motivasi                  :

a.      Mengapa di dunia ini sering terjadi gempa bumi

b.      Apa akibatnya jika terjadi gempa bumi

 

b.      Kegiatan Inti      :

1.     Salah satu siswa disuruh menjelaskan proses alam endogen yang menyebabkan  terjadinya berbagai bentukan di permukaan bumi

2.     Siswa dibagi menjadi 2 kelompok

3.     Kelompok I, diberi tugas memberikan contoh faktor penyebab terjadinya bentukan   muka bumi yang berasal dari luar / eksogen

Kelompok II, Memberikann contoh penyebab terjadinya bentukan mukabumi yang   berasal dari dalam / endogen

4.     Setiap kelompok membuat hasil laporan dari diskusi kelompok

5.     Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan dan kelompok lain memberikan  tanggapan

6.     Tanya jawab tentang perbedaan faktor endogen dan eksogen

 

c.       Penutup :

1.       Penilaian

2.       Refleksi      : Siswa mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dan  dibahas pertemuan yang akan datang

           

Pertemuan 2            :

a.        Pendahuluan      :

1.       Apersepsi   : Contoh faaktor endogen dan eksogen

2.       Motivasi     : Mmenceritakan tentang aktivitas gunung berapi akhir-akhir ini

b.        Kegiatan Inti     :

1.       Menjelaskan pengertiian diastropisme dan vulkanisme

2.       Menjelaskan tipe-tipe gunung berapi

c.        Penutup            :

1.       Penilaian

2.       Refleksi      : Siswa dapat mengungkapkan bentuk gunung menurut erupsinyai

 

Pertemuan 3            : 

a.       Pendahuluan      :

1.       Apersepsi   : Memberikan contoh gunung tipe kerucut di Indonesia

2.       Motivasi     : Menjelaskan faktor penyebab terjadinya gempa bumi

b.      Kegiatan Inti      :

1.       Mendeskripsikan faktor terjadinya gempa bumi

2.       Menyebutkan akhibat gempa bumi

3.       Menjelaskan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya  

c.       Penutup :

1.       Penilaian

2.       Refleksi      : Siswa telah mampu menjelaskan berbagai macam jenis batuan

       

Pertemuan 4            :

a.       Pendahuluan      :

1.       Apersepsi   : Guru memberikan gambar tentang proses pelapukan kepada

                           siswa

2.       Motivasi     : Menanyakan tentang materal yang dibawa air ketika terjadi banjir

   

b.      Kegiatan Inti      :

1.       Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa

2.       Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati bentuk-bentuk pelapukan yang ada dilingkungan sekolah

3.       Setiap kelompok mencatat proses pelapukan yang ada dilingkungan sekolah untuk di diskusikan

4.       Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok di presentasikan

5.       Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan

6.       Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan hasil kerja kelompok

c.       Penutup

1.       Penilaian

2.       Refleksi  : Siswa telah dapat membedakan berbagai jenis pelapukan

                     berdasarkan   faktor penyebabnya

 

Pertemuan 5            :

a.       Pendahuluan      :

1.       Apersepsi   : Guru menanyakan apakah disekitar tempat tinggal siswa ada

                        sungai yang mengalir

2.       Motivasi     : Guru menunjukkan gambar muara sungai yang mengendapkan lumpur untuk diamati oleh siswa

b.      Kegiatan Inti      :

1.       Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa

2.       Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati bentuk-bentuk erosi yang disebabkan oleh air dan angin

3.       Kelompok I dan III mendiskusikan faktor penyebab terjadinya erosi

4.       Kelompok II dan IV mendiskusikan pengaruh erosi terhadap perubahan bentuk muka bumi  

5.       Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok di presentasikan

6.       Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan

7.       Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan hasil kerja kelompok

c.       Penutup

1.        Penilaian

2.        Refleksi     : Siswa telah dapat mjelaskan faktor penyebab terjadinya erosi dan bahan bentuk muka bumi

Pertemuan 6

a.       Pendahuluan      :

1.       Apersepsi   : Siswa diminta menyebutkan akibat dari erosi terhadap muka

                        bumi

2.       Motivasi     :  Guru menampilkan gambar gunung meletus dan gempa bumi

   

b.      Kegiatan Inti      :

1.       Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa

2.       Setiap kelompok menerima tugas dari guru tentang dampak bentukan muka bumi karena tenaga endogen dan eksogen

3.       Setiap kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru

4.       Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok di presentasikan

5.       Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan

6.       Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan hasil kerja kelompok

c.       Penutup

1.       Penilaian

2.       Refleksi : Siswa telah dapat menjelaskan dampak terjadi adanya pengaruh tenaga endogen dan eksogen di muka bumi

 

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN    :

1.        Peta

2.        Atlas

3.        Globe

4.        Kertas karton /HVS

5.        Kertas penilaian Psikomotorik

6.        Maket bentukan muka bumi

7.        Buku Geografi yang relevan 

 

F. PENILAIAN          :

1.        Teknik Penilaian

1.       Tes Tertulis

2.       Tes untuk kerja

2.        Bentuk Instrumen :

1.       Tes Uraian

2.       Tes Identifikasi

3.       Uji petik kerja produk

4.       Tes Uraian

5.       Tes Identifikasi

6.       Uji petik kerja produk

3.        Soal /Instrumen Tes Uraian :

1)           Apakah yang dimaksud dengan tenaga geologi dan berikan contohnya!

2)           Sebutkan tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia

3)           Buatlah peta jalur gempa bumi yang ada di Indonesia

4)           Berikan 2 contoh jenis batuan sedimen !

5)           Jelaskan proses pelapukan biologis !

6)           Jelaskan pengertian abrasi !

7)           Berikan 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi yang disebabakan oleh aliran air!

8)           Jelaskan manfaat material vulkanik !

9)           Apakah yang dimaksud dengan intrusi magma !

10)       Apakah yang dimaksud dengan ekstrusi magma !

4.        Soal /Instrumen Tes Identifikasi :

1)       Carilah contoh batuan sedimen yang ada di sekitar tempat tinggalmu

5.        Soal   Tes Uji petik kerja produk :

1)       Membuat  maket bentukan muka bumi karena gerakan kerak bumi/diastropik.

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

SMP/MTs                       : SMP N 2 BOBOTSARI

Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas / Semester          : VII / 1

Standar Kompetensi     : 2.    Memahami kehidupan sosial manusia

Kompetensi Dasar        : 2.1. Mendiskripsikan interaksi sebagai proses sosial 

Indikator                      :

o       Menjelaskan kaitan interaksi sosial denga proses sosial

o       Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial    

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

 

A. TUJUAN PEMBELAJARAN      :

1.         Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajarfan, siswa dapat :

2.         Menjelaskan pengertian interaksi sosial

3.         Menjelaskan pengertian proses sosial

4.         Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan terdekat

5.         Membedakan antara interaksi sosial dan proses sosial

6.         Menyebutkan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan social

 

B. MATERI  PEMBELAJARAN    :

8.         Pengertian interaksi sosial

9.         Pengertian proses sosial

10.     Kaitan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari

11.     Perbedaan interaksi sosial dan proses sosial

12.     Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan social

 

C. METODE PEMBELAJARAN    :

1.         Ceramah bervariasi

2.         Diskusi

3.         Inquiry

4.         Tanya jawab

5.         Simulasi

6.         Observasi / pengamatan

 

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN      :

     Pertemuan I :

a.            Pendahuluan

1.        Apersepsi             : Siswa memilih kawan yang memiliki hobi berbeda

2.        Motivasi               : Ditampilkan gambar keluarga kecil

b.           Kegiatan Inti    :

1.        Siswa dibagi menjadi 2 kelompok

2.        Kelompok I, Memperagakan interaksi dua arah melalui alat komunikasi

3.        Kelompok II, Memperagakan proses interaksi dengan cara berdialog

4.        Setiap kelompok mbembuat hasil laporan dari diskusi kelompok

5.        Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan dan kelompok lain memberikan tanggapan

6.        Tanya jawab tentang perbedaan faktor endogen dan eksogen

c.            Penutup           :

1.        Penilaian

2.        Refleksi    : Siswa mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dan dibahas pertemuan yang akan datang 

 

Pertemuan 2            :

a.            Pendahuluan    :

1.        Apersepsi : Contoh faaktor endogen dan eksogen

2.        Motivasi   : Mmenceritakan tentang aktivitas gunung berapi akhir-akhir ini

b.           Kegiatan Inti    :

1.        Menjelaskan pengertiian diastropisme dan vulkanisme

2.        Menjelaskan tipe-tipe gunung berapi

c.            Penutup

1.        Penilaian

2.        Refleksi    :  Siswa dapat mengungkapkan bentuk gunung menurut erupsinya

     Pertemuan 3            : 

a.       Pendahuluan      :

1.         Apersepsi             : Memberikan contoh gunung tipe kerucut di Indonesia

2.         Motivasi                : Menjelaskan faktor penyebab terjadinya gempa bumi

b.      Kegiatan Inti      :

1.         Mendeskripsikan faktor terjadinya gempa bumi

2.         Menyebutkan akhibat gempa bumi

3.         Menjelaskan jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya  

c.       Penutup :

1.         Penilaian

2.         Refleksi     : Siswa telah mampu menjelaskan berbagai macam jenis batuan

 

    Pertemuan 4            :

a.       Pendahuluan      :

1.           Apersepsi  : Guru memberikan gambar tentang proses pelapukan kepada siswa

2.           Motivasi    : Menanyakan tentang materal yang dibawa air ketika terjadi banjir

b.      Kegiatan Inti      :

1.         Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa

2.         Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati bentuk-bentuk pelapukan yang ada dilingkungan sekolah

3.         Setiap kelompok mencatat proses pelapukan yang ada dilingkungan sekolah untuk di diskusikan

4.         Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok di presentasikan

5.         Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan

6.         Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan hasil kerj kelompok

c.       Penutup

1.         Penilaian

2.         Refleksi     : Siswa telah dapat membedakan berbagai jenis pelapukan

                berdasarkan faktor penyebabnya

 

     Pertemuan 5            :

a.       Pendahuluan      :

1.         Apersepsi  : Guru menanyakan apakah disekitar tempat tinggal siswa ada

                 sungai yang mengalir

2.         Motivasi    : Guru menunjukkan gambar muara sungai yang mengendapkan lumpur untuk diamati oleh siswa

b.      Kegiatan Inti      :

1.         Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa

2.         Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati bentuk-bentuk erosi yang   disebabkan oleh air dan angin

        Kelompok I dan III mendiskusikan faktor penyebab terjadinya erosi

        Kelompok II dan IV mendiskusikan pengaruh erosi terhadap perubahan bentuk  muka bumi  

3.         Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok di presentasikan

4.         Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan

5.         Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan hasil kelompok

c.       Penutup

1.         Penilaian

2.         Refleksi     : Siswa telah dapat mjelaskan faktor penyebab terjadinya erosi dan  perubahan bentuk muka bumi

 

Pertemuan 6

a.         Pendahuluan     :

1.       Apersepsi  : Siswa diminta menyebutkan akibat dari erosi terhadap muka

                                         bumi

2.       Motivasi    :  Guru menampilkan gambar gunung meletus dan gempa bumi

b.         Kegiatan Inti     :

1.       Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa

2.       Setiap kelompok menerima tugas dari guru tentang dampak bentukan muka bumi   karena tenaga endogen dan eksogen

3.       Setiap kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru

4.       Setelah melakukan diskusi, hasil kerja kelompok di presentasikan

5.       Setiap kelompok melakukan presentasi, kelompok yang lain memberikan tanggapan

6.       Setelah mendapatkan tanggapan, selanjutnya melakukaan penyempurnaan hasil kerja kelompok

c.         Penutup

1.       Penilaian

2.       Refleksi     : Siswa telah dapat menjelaskan dampak terjadi adanya pengaruh tenaga endogen dan eksogen di muka bumi

 

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN    :

1.         Peta

2.         Atlas

3.         Globe

4.         Kertas karton /HVS

5.         Kertas penilaian Psikomotorik

6.         Maket bentukan muka bumi

7.         Buku Geografi yang relevan 

 

F. PENILAIAN          :

1.         Teknik Penilaian

a.        Tes Tertulis

b.        Tes unjuk kerja

2.         Bentuk Instrumen :

a.          Tes Uraian

b.          Tes Identifikasi

c.          Uji petik kerja produk

3.         Soal /Instrumen :

a.          Tes Uraian :

1)         Apakah yang dimaksud dengan tenaga geologi dan berikan contohnya!

2)         Sebutkan tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia

3)         Buatlah peta jalur gempa bumi yang ada di Indonesia

4)         Berikan 2 contoh jenis batuan sedimen !

5)         Jelaskan proses pelapukan biologis !

6)         Jelaskan pengertian abrasi !

7)         Berikan 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi yang disebabakan oleh aliran air !

8)         Jelaskan manfaat material vulkanik !

9)         Apakah yang dimaksud dengan intrusi magma !

10)     Apakah yang dimaksud dengan ekstrusi magma !

b.           Tes Identifikasi :

1)       arilah contoh batuan sedimen yang ada di sekitar tempat tinggalmu

c.              Uji petik kerja produk :

1)  Membuat  maket bentukan muka bumi karena gerakan kerak

               bumi/diastropik.

                              

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: