Oleh: herrywidayat | Februari 4, 2009

RPP IPA BIOLOGI KELAS IX

PANDUAN LENGKAP BERBISNIS DI INTERNET KUNJUNGI http://www.formulabisnis.com/?id=alexherry

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN

( RPP 1 )

Sekolah             : SMP Negeri 2 Bobotsari

Kelas/Semester : IX / 1 ( Gasal) )

Mata Pelajaran  : IPA

Standar Kompetensi : Memahami berbagai sistem dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar : 1.1. Mendiskrisikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Indikator : 1. Mendiskripsikan karateristik macam-macam organ penyusun system ekskresi pada manusia.

2. Mendiskripsikan fungsi alat-alat ekskresi pada manusia.

3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada system eskresi yang biasa di jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

4. Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ system ekskresi

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 4 jampel)

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu

1. Menjelaskan macam alat-alat eksresi pada manusia

2. Menyebutkan fungsi alat-alat eksresi pada manusia

3. Menyebutkan kelainan dan penyakit pada system ekskresi

4. Menyebutkan usaha-usaha yang di lakukan untuk menjaga kesehatan organ sistem ekskresi.

B Materi Pelajaran

1. Macam-macam alat ekskresi pada manusia

2. Fungsi alat-alat ekskresi pada manusia

3. Kelaianan dan penyakit ekskresi pada manusia

4. Usaha-usaha yang di lakukan untuk menjaga kesehatan organ sistem ekskresi.

C. Metode Pembelajaran

1. Model. : DI

: Kooperatif learning

2. Metode : Diskusi , Tanya jawab

: Pengamatan

D. Langkah-langkah

1. Pertemuan 1 dan 2 ( 4 x 40 ‘)

a. Kegiatan pendahuluan

* Motivasi : Menanyakan pada peserta didik apakah semua zat yang masuk ke dalam tubuh kita bermanfaat bagi kita.

(Arahkan jawaban siswa : ada zat-zat sisa yang harus dibuang)

* Pengetahuan prasarat : Mengapa zat sisa itu harus dibuang ( arahkan jawaban siswa : jika tidak dibuang akan menjadi racun bagi tubuh kita)

- zat- zat sisa yang harus dibuang dari tubuh yaitu CO2 dan H2O sisa pernapasan, sisa-sisa pencernaan, sisa perombakan zat-zat dalam tubuh garam-garam mineral yang berlebihan.

b. Kegiatan Inti

C Guru membagi siswa dalam kelompok – kelompok

C Guru meminta siswa untuk mengamati charta organ-organ tubuh yang berfungsi dalam sistem ekskresi.

C Guru meminta siswa mengerjakan LKS yang di buat oleh guru ( tentang bagian-bagian alat ekskresi dan fungsinya)

c. Kegiatan Penutup

C Peserta didik memprestasikan hasil kerja kelompok

C Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja yang baik

C Membimbing siswa dalam merangkum pelajaran

C Uji Kompetensi lisan

· Organ apakah yang bentuknya seperti kacang merah dan berwarna merah maron ?

· Memberi tugas kepada kelompok untuk membuat tulisan tentang salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem ekskresi dan upaya mengatasinya.

E. Sumber Belajar

1. Buku siswa yang relevan

2. Charta

3. Buku refrensi

F. Penilaian

1. Teknik Penilaian :

- Tes tertulis

- Penugasan

2. Bentuk Instrumen

- Tes isian

- Tes uraian

- Tugas kelompok

3. Contoh Instrumen

a. Tes Pilihan Ganda

1. Organ ekskresi bentuknya mirip kacang-kacangan berwarna merah adalah …

a. jantung c. ginjal

b. paru-paru d. hati

score : 2

b. Tes Isian

Jelaskan fungsi sistem ekskresi yang di miliki oleh manusia !

Score : 9

c. Tugas membuat tulisan tentang salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem ekskresi dan upaya mengatasinya.

Perhatikan gambar !

Sebutkan dan Jelaskan fungsi bagian ginjal seperti gambar sebelah kanan

clip_image002
clip_image004
clip_image006

clip_image008

Mengetahui                                                            Bobotsari, Juli 2008

Kepala Sekolah                                                      Guru Mata Pelajaran

Amtorunajah.,S.Pd.                                                 R.Alexander Herry W, S.Pd.

NIP. 131267286                                                      NIP. 131854090

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN

( RPP 3 )

Sekolah             : SMP Negeri 2 Bobotsari

Kelas/Semester : IX / 1 ( Gasal) )

Mata Pelajaran  : IPA

Standar Kompetensi : Memahami berbagai sistem dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar : 1.3. Mendiskripsikan sisitem Koordinasi dan alat indra pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Indikator : 1. Menyebutkan bagian organ bagian dan/atau organ penyusun sistem saraf pada manusia.

2. Mendiskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi.

3. Menunjukkan bagian-bagian alat indera dan fungsinya.

4. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatanya.

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 4 jampel)

A. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Peserta didik dapat :

1. Menunjukkan bagian organ dan/atau organ penyusun sistem saraf pada manusia

2. Mndekripsikan bagian organ dan/atau organ pada otak dan fungsinya

Pertemuan ke dua

Peserta didik dapat :

3. Mendekripsikan bagian sel saraf dan fungsinya

4. Menunjukkan pada model mata bagian iris dan pupil dan menjelaskan fungsinya

Pertemuan ke tiga

Peserta didik dapat :

2. Mendeskripsikan fungsi bagian organ dan/atau organ penyusun telinga

6. Membuat kliping tentang penyakit pada alat indera yang biasa di jumpai dalam

Kehidupan sehari-hari

B. Materi Ajar

Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubunganya dengan kesehatan

C. Model dan Metode Pembelajaran

1. Model : – Direct Instruction (DI)

- Cooperatif learning (CL)

2. Metode : CTL

D. Langkah-langkah Kegiatan :

I. Pertemuan Pertama ( 2 x 40’ )

a. Kegiatan pendahuluan

* Motivasi

Guru memanggil salah seaorang siswa, dan ketika siswa yang bersangkutan menoleh, guru meminta siswa lain memperhatikan peristiwa tersebut. Guru mengajak siswa mendiskusikan peristiwa tersebut dengan mengajukan pertanyaan misalnya mengapa temannya menoleh ketika dipanggil? Siapa yang memerintah otot lehernya agar menoleh dan seterusnya. Diskusi diarahkan sehingga siswa memahami bahwa peristiwa dapat berlangsung karena ada sistem saraf di dalam tubuh siswa itu.

* Prasarat Pengetahuan :

Dalam tubuh terdapat sistem-sistem yang saling bekerjasama dan saling mempengaruhi. Sistem tersebut dikendalikan oleh otak sebagai sistem koordinasi.

* Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

b. Kegiatan Inti

- Guru mengawali pelajaran dengan menempel charta/gambar/turso sistem saraf.

- Guru meminta siswa secara berpasangan menentukan bagian organ penyusun sistem saraf berdasarkan referensi.

- Guru meminta perwakilan siswa menentukan bagian organ penyusun sistem sistem saraf pada gambar.

- Guru memperbaiki jawaban siswa yang masih salah

- Guru meminta siswa membuat bagan sistem saraf pada manusia

- Guru membimbing siswa membuat bagan saraf pada manusia

c. Kegiatan Penutup

- Guru memberikan pelatihan lanjutan pada siswa untuk menentukan fungsi dari bagian penyusun sistem saraf bedasarkan referensi yang dibaca ( buku siswa )

II. Pertemuan ke dua ( 2 x 40’ )

a. Kegiatan pendahuluan

* Motivasi

Guru mengajukan pertanyaan : Bagaimana pesan dapat sampai dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lainnya

* Prasarat Pengetahuan

Guru meminta salah satu siswa bagian penyusun saraf pada manusia

* Guru menyampaikan tujuan pembelaajaran

b. Kegiatan Inti

- Guru memberikan informasi tentang bagian-bagian sel saraf dengan mempelihatkan gambr beserta fungsi dari tiap bagiannya.

- Guru meminta salah satu siswa mengulang kembali penjelasan guru

- Guru memperbaiki jawaban siswa yang masih salah

- Guru meminta siswa lain mengulang kembali

- Guru meminta siswa berpasangan mendiskusikan arah jalannya rangsang yang dapat menghasilkan gerakan (gerak biasa dan gerak refleks)

- Guru memimpin diskusi kelas untuk membahas arah jalannya rangsang yang dapat menghasilkan gerakkan.

c. Kegiatan Penutup

- Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembahasan

- Guru menugaskan kepada siswa untuk mencari informasi tentang alat indera dan bagian-bagiannya melalui studi refrensi.

III. Pertemuan ke Tiga ( 1 x 40 ‘ )

a. Kegiatan Pendahuluan

* Motivasi

Mengapa telinga dapat mendeteksi adanya getaran ?

Mengapa mata kita dapat mendektesi adanya cahaya ?

Mengapa kulit kita dapat mendektesi adanya sentuhan, panas , dingin, dan tekanan ?

(Arahkan jawaban siswa pada organ/indera bias mendeteksi rangsang karena ada sel-sel reseptor )

* Prasarat Pengetahuan

- Macam-macam alat indera dan fungsinya

- Fungsi sel-sel reseptor

b. Kegiatan Inti

- Guru menempel charta/gambar berbagai alat indera dan nama-nama bagian tiap alat indera secara acak.

- Guru meminta siswa memasangkan nama –nama bagian tiap alat indera yang sesuai berdasarkan studi reperensi yang telah dilakukan siswa.

c. Kegiatan Penutup

- Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran

- Guru menegaskan kepada siswa secara berkelompok membuat kliping tentang penyakit pada sistem saraf dan alat indera yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket Biologi

b. Buku refrensi lainnya

c. Charta/turso

F. Penilaian

Untuk Pertemuan 1 dan 2

1. Teknik Penilaian : – Tes Tertulis

2. Bentuk Instrumen : – Pilihan Ganda

- Uraian

3. Contoh Instrumen

1. Perhatikan gambar sistem saraf dibawah ini !

clip_image010

Bagian otak kecil dan sumsum lanjutan ditandai dengan nomor

a. 1 dan 2 c. 3 dan 4

b. 2 dan 3 d. 4 dan 1

2. Bagian otak yang berfungsi mengatur kecepatan pernapasan adalah …

a. otak besar c. sumsum lanjutan

b. otak kecil d. sumsum tulang belakang

3. Otak kecil berfungsi untuk mengatur …

a. keseimbangan c. denyut jantung

b. getaran mata d. suhu tubuh

4. Perhatikan gambar sel saraf berikut !

clip_image012 2

1

3 4

Bagian yang ditunjukan berturut-turut adalah …

a. dendrit, sel schwan, inti sel, neurit

b. sel schwan, inti sel, dendrite, neurit

c. neurit, inti sel, sel schwan, dendrite

d. inti sel, dendrite, neurit, sel schwan

2. Fungsi neurit pada sel saraf adalah …

a. mengolah rangsangan dan menenggapinya

b. meneruskan rangsangan ke badan sel

c. menghubungkan sel saraf yang satu dengan yang lainnya

d. meneruskan rangsang dari badan sel saraf

6. Deskripsikan fungsi otak besar !

Pertemuan 3

1. Teknik penilaian : – Tes unjuk kerja

- Penugasan

2. Bentuk : – Uji petik kerja

- Tugas rumah

3. Contoh Instrumen

a. Dengan menggunakan model mata, tunjukkan dan deskripsikan fungsi bagian pupil dan retina.

b. Buatlah kliping tentang penyakit pada alat indera yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

4. Skoring

a. Rubrik uji petik kerja

No. Aspek Skor
1.

2.

Ketepatan menunjukkan bagian indera

Mendiskripsikan fungsi bagian yang ditunjuk dengan benar

5

5

Jumlah 10

b. Rubrik tugas kliping

No. Aspek Skor
1.

2.

3.

Relevansi materi dengan hasil karya siswa

Ketepatan penjelasan gambar

Kerapian dan kebersihan

4

3

3

Jumlah 10

Perhatikan gambar amati charta dan jelaskan masing – masing fungsinya ?

GAMBAR SISTEM SARAF

clip_image014

Tambahan Informasi :

Lebih kurang 20.000 saraf melintas di seluruh tubuh. Sistem ini memiliki 2 bagian utama Otak dan Saraf spinal membentuk sistem sarf pusat, dan sisanya berupa jaringan saraf si seluruh tubuh adalah sistem kedua yang disebut sistem saraf perifer Sistem saraf ferifer memiliki 2 tife saraf, yaitu sensorik membawa pesan –pesan keotak dari mata, telinga, kulit, dan organ-organ sensor lainnya. Saraf motorik membawa sinyal dari otak ke otot-otot untuk membuat tubuh bergerak.

clip_image015

clip_image017
clip_image019

TAMBAHAN INFORMASI FUNGSI OTAK SEBELAH KANAN DAN OTAK SEBELAH KIRI.

clip_image021

CHARTA ALAT INDERA

clip_image023
clip_image025
clip_image027
clip_image029

Mengetahui                                          Bobotsari, Juli 2008

Kepala Sekolah                                   Guru Mata Pelajaran

Amtorunajah.,S.Pd. R.Alexander Herry W, S.Pd.

NIP. 131267286 NIP. 131854090

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN

( RPP 3 )

Sekolah             : SMP Negeri 2 Bobotsari

Kelas/Semester : IX / 1 ( Gasal) )

Mata Pelajaran  : IPA

Standar Kompetensi : Memahami berbagai sistem dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar : 1.2. Mendiskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia.

Indikator : 1. Menyebutkan macam-macam organ penyusun, sistem reproduksi pada manusia

2. Mendiskripsikan fungsi sistem reproduksi pada manusia

3. Menuliskan arikel tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi melalui surat kabar/media masa/madding sekolah

4. Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi

Alokasi Waktu : 4 x 40 ‘ ( 4 jampel )

A. Tujuan Pembelajaran

1. Menyebutkan 2 macam organ penyusun sistem organ reproduksi pada pria

2. Menyebutkan 4 macam organ penyusun sistem organ reproduksi pada wanita.

3. Mendiskripsikan fungsi organ penyusun sistem reproduksi pada pria

4. Menuliskan artikel tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi.

2. Menulis artikel tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi melalui surat kabar/ media masa/madding sekolah.

6. Membuat laporan pentingnya menjaga kesehatan sistem organ reproduksi

7. Menyebutkan 2 jenis penyakit yang sering menyerang sistem organ reproduksi.

B. Materi Pembelajaran

Organ penyusun sistem reproduksi pada manusia

C. Metode Pembelajaran

1. Model : Direc instruction (DI)

Kooperatif learning

2. Metode : Diskusi kelompok

D. Langkah-langkah Kegiatan

1. Pertemuan Pertama

a. Kegiatan Pendahuluan

Motivasi dan apresiasi

* Mengajukan pertanyaan : Mengapa makhluk hidup dapat menghasilkan keturunan (arahkan jawaban siswa pada : karena memiliki kemampuan untuk berkembangbiak).

Prasarat pengetahuan

* Apakah yang di maksud reproduksi ?

* Apakah tujuan makhluk hidup melakukan reproduksi

b. Kegiatan Inti

- Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan hasil pengamatan dari charta.(alat reproduksi pria dan wanita)

- Guru menanggapi jawaban siswa dan memberikan informasi yang benar.

c. Kegiatan Penutup

- Guru bersama siswa melakukan diskusi kelas dari hasil pengamatan pada charta

- Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari hasil pengamatan

2. Pertemuan ke Dua

a. Kegiatan Pendahuluan

Motivasi dan Apresiasi

Secara klasikal guru memberikan pertanyaan pada siswa fungsi dari organ tersebut.

Prasarat pengetahuan

Guru menunjukkan gambar / charta organ reproduksi, siswa di minta untuk menyebutkan nama organ tersebut.

b. Kegiatan Inti

· Melalui diskusi kelas guru memberikan materi tentang fungsi dari bagian-bagian organ reproduksi pria dan wanita.

· Menberikan informasi penyakit/ kelainan yang sering terjadi

c. Kegiatan Penutup

· Guru menugaskan siswa berdiskusi untuk mencari informasi tentag cara penularan dan pencegahan penyakit organ reproduksi dari media cetak / surat kabar atau melalui informasi dari puskesmas atau rumah sakit.

· Guru memberikan latihan soal tentang reproduksi

E. Sumber Belajar

a. Buku Paket Biologi

b. Buku Refrensi

c. Alat peraga/ charta / Turso

F. Penialaian Hasil Belajar

a. Teknik Penilaian

* Tes tertulis

* Penugasan

b. Bentuk Instrumen

* Isian dan PG

* Tugas Rumah

* Angket

c. Contoh Instrument

Contoh tes PG

1. Salah satu organ yang menyusun sistem reproduksi pada laki-laki adalah …

a. testis

b. ovarium

c. oviduct

d. uterus

2. Bagian alat kelamin jantan yang menghasilkan sperma di sebut …

a. testis

b. ovarium

c. uterus

d. tuba fallopi

Kunci : ……

Skor :

Contoh soal uraian :

Jelaskan fungsi uterus yang terdapat dalam sistem reproduksi wanita.

Kunci :

Skor :

Contoh soal Penugasan :

Buatlah tulisan tenta penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi.

Charta 1 :

ORGAN REPRODUKSI WANITA BAGIAN DALAM

clip_image031

ORGAN REPRODUKSI LAKI-LAKI

clip_image034

Charta 2 :

BERBAGAI PENYAKIT PADA ORGAN REPRODUKSI DAN PENYAKIT KELAMIN

Kanker Rahim dari Stadium 1 sampai dengan Stadium 4

clip_image036
clip_image039 clip_image040

clip_image042

clip_image044

Beberapa contoh Penyakit Kelamin

1. Spilis :

clip_image048 clip_image047 clip_image049

Pada Payudara Pada kelamin wanita Pada kelamin pria

clip_image051

Penyakit spilis yang dapat menyebabkan kebutaan

2. Herves :

clip_image055
clip_image056
clip_image057

Herves pada penis Herves pada vagina Herves pada penis

3. Gonore

Mengetahui                                       Bobotsari, Juli 2008

Kepala Sekolah                                 Guru Mata Pelajaran

Amtorunajah.,S.Pd.                           R.Alexander Herry W, S.Pd.

NIP. 131267286                                NIP. 131854090

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN

( RPP 4 )

Sekolah             : SMP Negeri 2 Bobotsari

Kelas/Semester : IX / 1 ( Gasal) )

Mata Pelajaran  : IPA

Standar Kompetensi : Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar : 2.1. Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan.

Indikator : 1. Mengaitkan perilaku adaftasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup.

2. Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki. .

3. Mendiskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi dengan seleksi alam.

4. Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup.

2. Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan.

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 4 jampel)

A. Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu

1. Menyebutkan cara hewan kutub beradaptasi terhadap musim dingin

2. Menjelaskan cara ikan air laut beradaptasi terhadap kadar garam

3. Menjelaskan sebab punahnya badak bercula satu

4. Menjelaskan peristiwa seleksi alam yang terjadi pada burung finch.

2. Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan makhluk hidup.

B. Materi Pembelajaran :

1. Adaptasi

2. Seleksi alam

3. Perkembangbiakan

C. Metode Pembelajaran

1. Model : – Cooperative Learning, DI

2. Metode : – Diskusi

- Diskusi informasi

D. Langkah Kegiatan :

1. Pertemuan 1 ( 2 x 40 ‘ )

a. Pendahuluan :

Motivasi :

Apa yang kamu lakukan, jika udara terasa dingin?

(Arahkan jawaban siswa pada : mengenakan pakaian yang tebal)

Lanjutkan pada pertanyaan :

- Apa yang terasa olehmu jika udara panas ?

( Arahkankan jawaban siswa pada : mengeluarkan banyak keringat dan terasa haus)

- Apa yang kamu lakukan untuk menghindari kekuarangan cairan karena udara yang panas ?

Prasarat Pengetahuan :

Ciri hidup apakah yang ditanyakan pada contoh tersebut?

(Kemampuan menyesuaiakan diri dengan lingkungan/adaptasi)

b. Kegiatan Inti :

- Kemukakan tentang tujuan pembelajaran

- Guru memberikan informasi tentang macam-macam adaftasi pada makhluk hidup

- Guru meminta tiap kelompok untuk melakukan studi refrensi tentang contoh-contoh adaftasi makhluk hidup.

- Guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi kelas.

c. – Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran

- Guru memberikan tugas rumah untuk pelatihan lanjutan

Pertemuan ke dua ( 1 x 40’ )

a. Kegiatan pendahuluan :

Motivasi :

Memperlihatkan tempelan kupu-kupu dari kertas Koran dan kupu-kupu dari kertas warna lain di atas kertas koran.

Guru mengajukan pertanyaan :

Kupu-kupu manakah yang lebih dulu dimangsa oleh pemangsanya.

Mengapa ?

Prasarat Pengetahuan :

Apa yang akan terjadi pada kupu-kupu koran jika keadaan itu berlangsung terus

(kupu-kupu tersebut akan punah)

b. Kegiatan Inti :

- Guru memberikan informasi tentang pengertian seleksi alam, faktor-faktor yang menjadi penyeleksi.

- Guru menjelaskan tentang seleksi alam, adaptasi pada kelangsungan hidup burung Finch.

c. Kegiatan Penutup

- Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran

- Guru memberikan tugas rumah sebagai pelatihan lanjutan.

Pertemuan ke tiga ( 2 x 40’)

a. Kegiatan Pendahuluan :

Motivasi

Mengapa manusia dari zaman dahulu sampai saat ini tetap ada ?

(Arahkan jawaban siswa pada : berkembangbiak)

Prasarat Pengetahuan :

Apakah tujuan makhluk hidup berkembangbiak

b. Kegiatan Inti :

- Guru meminta siswa secara berpasangan melakukan studi referensi tentang cara-cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan.

- Guru meminta siswa melengkapi ide tentang perkembangbiakan pada tumbuhan atau hewan.

- Guru membimbing siswa melengkapi peta ide.

c. Kegiatan Penutup :

- Guru menugaskan siswa membuat table cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan.

E. Sumber Belajar :

1. Buku Paket Biologi

2. Buku Refrensi lainnya

F. Penilaian

Pertemuan 1

a. Teknik : Tes tertulis

b. Bentuk : Pilihan Ganda

c. Contoh Instrumen

1. Untuk menjaga kelangsungan hidupnya, banyak hewan kutub di musim dingin melakukan …

a. hibernasi b. reproduksi c. adaptasi d. estivasi

2. Pernyataan berikut ini yang tidak berhubungan dengan adaptasi makhluk hidup adalah …

a. kupu-kupu memiliki tipe mulut pengisap

b. berubahnya warna tubuh bunglon sesuai dengan lingkungannya

c. katak mengalami metamorfosis dalam hidupnya

d. rayap memakan kembali kulit kelupasan tubuhnya.

3. Setiap makhluk hidup perlu menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar dapat …

a. memperoleh makanan yang lebih banyak

b. menghasilkan keturunan yang lebih baik

c. bersaing dengan makhluk hidup yang lainnya

d. bertahan hidup dan tetap lestari

4. Cara adaptasi ikan air laut terhadap kadar garam yang tinggi adalah …

a. sedikit minum, banyak mengeluarkan urine yang encer

b. banyak minum dan banyak mengeluarkan urine yang encer

c. sedikit minum, dan sedikit mengeluarkan urine yang pekat

d. banyak minum, dan sedikit mengeluarkan urine yang pekat

Pertemuan 2

a. Teknik : Tes tertulis

b. Bentuk : Uraian

c. Contoh Instrumen :

1. Badak bercula satu hamper punah karena selain hanitatnya rusak juga disebabkan …

2. Jelaskan peristiwa seleksi alam pada burung finch

Pertemuan 3

a. Teknik : – Tes tertulis

- Penugasan

b. Bentuk : – Uraian

- Tugas rumah

c. Contoh Instrumen

a. Jelaskan peran perkembangbiakan pada makhluk hidup

b. Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada hewan dan tumbuhan

Mengetahui                                                Bobotsari, Juli 2008

Kepala Sekolah                                          Guru Mata Pelajaran

Amtorunajah.,S.Pd.                                    R.Alexander Herry W, S.Pd.

NIP. 131267286                                         NIP. 131854090

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: