Oleh: herrywidayat | Februari 4, 2009

RPP IPA BIOLOGI KELAS IX (SEMESTER II )

PANDUAN LENGKAP BERBISNIS DI INTERNET  KUNJUNGI http://www.formulabisnis.com/?id=alexherry

RENCANA PELAKSANAAN

( RPP5 )

Sekolah             : SMP Negeri 2 Bobotsari

Kelas/Semester : IX/2 (Genap)

Mata Pelajaran  : IPA

Standar Kompetensi : Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup.

Indikator : 1. Mendiskripsikan materi genetic yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)

2. Membedakan pengertian sifat resesif , dominant dan intermediate.

Alokasi Waktu : 3 x 40 menit ( 4 jampel)

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1. Menjelaskan pengertian gen

2. Menjelaskan bagian-bagian kromosom

3. Menentukan symbol gen dari suatu sifat

4. Membedakan pengertian sifat resesif, dominant dan intermediet

B. Materi Pembelajaran

1. Materi genetic

2. Simbol gen suatu sifat

3. Sifat resesif, dominant dan intermediet

C. Model Pembelajaran

1. Model : DI

2. Metode : Diskusi informasi, Tanya jawab

D. Langkah Kegiatan

Pertemuan 1 ( 2 x 40 ‘ )

a. Pendahuluan

Motivasi

Memberikan pertanyaan kepada siswa “ Apakah sifat yang tampak pada wajahmu ada yang mirip dengan sifat yang tampak pada wajah salah satu orang tuamu ?

(Beri kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya)

Prasarat Pengetahuan

Sifat dapat diturubkan dari iduk kepada keturunannya pada perkembangbiakkan secara kawin, keturunan yang dihasilkan memiliki sifat yang merupakan gabungan sifat kedua induknya.

b. Kegiatan Inti

- Guru memberikan informasi tentang materi genetic yang berperan dalam penurunan sifat.

- Guru memberikan penjelassan mengenai bagian-bagian kromosom melalui gambar.

- Guru meminta salah satu siswa mengulangi kembali menjelaskan bagian-bagian kromosom.

- Guru meminta siswa lain untuk mengulanginya.

- Guru meminta siswa secara berpasangan melakukan studi pustaka mengenai istilah-istilah yang digunakan dalam pewarisan sifat dan symbol gen suatu sifat (homzygot dan heterozygote)

- Guru mengadakan tanyajawab untuk memastikan pemahaman siswa

c.Kegiatan Penutup

- Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran

- Guru memberikan pelatihan lanjutan tentang istilah yang digunakan dalam pewarisan sifat.

Pertemuan ke dua ( 1 x 40’)

Kegiatan Pendahuluan

Motivasi

- Memberikan pertanyaan : “ Apakah sifat yang tampak pada wajah atau tubuhmu seluruhnya mirip denga ayahmu saja ? ( arahkan jawaban siswa : ada yang mirip dengan ibu atau gabungan dari keduanya).

Prasarat Pengetahuan

- Istilah-istilah yang sering digunakan dalam pewarisan sifat (terminology).

b.Kegiatan Inti

- Guru meminta siswa melakukan studi pustaka tentang sifat resesif, sifat dominant dan sifat intermediet.

- Guru mengadakan tanya jawab untuk memastikan pemahaman siswa tentang perbedaan antara sifat dominant, resesif dan intermediet ( pengertian istilah dan penulisan symbol gen nya)

c.Kegiatan Penutup

- Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.

E. Sumber Belajar

1. Buku paket IPA

2. Buku refrensi yang relevant

F. Penilaian

Pertemuan 1 dan 2

a. Teknik : Tes tertulis

b. Bentuk : Isian dan Uraian

c. Instrument

1. Isian

1. Materi genetic yang bertanggng jawab dalam pewarisan sifat adalah ….(gen)

2. Sifat yang tampak dari luar disebut … (fenotif)

3. Susunan gen yang menentuka atau mengedalikan sifat yang tampak disebut … (genotif)

4. Genotif dilambangkan dengan …. ( huruf awal kata sifat yang dominant )

2. Pasangan alel yang tidak sama disebut … (heterozygote)

1. Kemukakan perbedaan pengertian resesif, dominant dan intermediet

2. Uraian

Mengetahui                                         Bobotsari, januari 2008

Kepala Sekolah                                   Guru Mata Pelajaran

Amtorunajah.,S.Pd.                             R.Alexander Herry W, S.Pd.

NIP. 131267286                                  NIP. 131854090

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN

( RPP 6 )

Sekolah             : SMP Negeri 2 Bobotsari

Kelas/Semester : IX/2 (Genap)

Mata Pelajaran  : IPA

Standar Kompetensi : Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar : 2.3. Mendiskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat

beserta penerapanya

Indikator : 1. Menentuan gamet dari genotip tetua /induk / parental

2. Menentukan rasio hasil persilangan monohibrid

3. Menentukan rasio hasil persilangan dihibrida.

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 4 jampel)

A.Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1. Menentukan genotif induk

2. Menentukan gamet genotif induk

3. Menentukan genotif keturunan pertama dari induk yang disilangkan

4. Menentukan rasio hasil persilangan monohibrida dengan menggunakan diagram persilangan.

5. Menetukan rasio hasil persilangan dihibrida dengan menggunakan diagram persilangan.

B.Materi pembelajaran

1. Persilangan Monohibrida

2. Persilangan Dihibrida

C.Model dan Metode Pembelajaran

Model : – Informasi

Metode : – Eksprimen

D.Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan I ( 2 x 40 )

1. Kegiatan Pendahuluan

Motivasi

Memberikan pertanyaan :

- Pernahkah kamu melihat sifat jenis bunga yang mempunyai beraneka warna ?

( Guru memberikan satu contoh : bunga pukul empat atau mawar)

- Bagaimanakah jika tanaman dengan bunga warna merah diserbukan/ dika

winkan dengan bunga warna putih ?

(arahkan jawaban siswa merah atau merah putih)

Prasarat Pengetahuan :

- Pengertian hybrid/sifat beda, hibridisasi, monohibrida, dihibrida.

Pra eksprimen :

- Teliti dengan cermat dalam penghitungan kancing genetika

2..Kegiatan Inti

- Guru memberikan informasi tentang mohibrida

- Guru membagi siswa dalam kelompok

- Guru mendemostrasikan percobaan dengan menggunakan kancing genetika

dua warna.

- Guru meminta salah satu siswa untuk mengulang demostrasi guru

- Guru meminta siswa melakukan kegiatan percobaan dengan menggunakan

kancing genetika dua warna

- Guru meminta siswa menghitung rasio persilangan kancing dua warna

- Guru membimbing siswa melakukan kegiatan

- Guru bersama siswa mendiskusikan hasil perhitungan tiap kelompok

c. Kegiatan Penutup

- Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.

Pertemuan 2 (2 x 40’)

a. Kegiatan pendahuluan

Motivasi

Memberikan pertanyaan : Berapakah rasio hasil persilangan monohibrib ?

Prasarat Pengetahuan

Dari hasil persilangan monohibrib diperoleh perbandingan genotif da fenotif yang berbeda.

b. Kegiatan Inti

- Guru memberikan informasi tentang menentukan rasio persilangan

monohibrida dengan menggunakan diagram persilangan.

- Guru meminta siswa mengulang aay yang telah dijelaskan guru

- Guru meminta siswa melakukan pelatihan lanjutan dengan memberikan soal

- Guru memberikan informasi tentang cara menentukan rasio persilangan

dihibrida dengan mengunakan diagram persilangan

- Guru membimbing siswa melengkai diagram.

c. Kegiatan Penutup

- Guru menugaskan siswa untuk menentukan rasio persilangan dihibrida

Pertemuan 3 (1 x 40’)

a. Kegiatan Pendahuluan

Motivasi

Guru menanyakan rasio fenotif dan genotif pada dihibrida apakah sama dengan rasio fenotif

dan genotif pada monohibrida.

Prasyarat Pengetahuan

Pada persilangan dihibrida melibatkan dua induk memiliki dua sifat beda memiliki rasio

hasil persilanga yang berbeda dengan persilangan monhibrida

b. Kegiatan Inti

- Guru menuliskan kembali diagram persilangan dihibrida

- Guru meminta siswa melengkapi diagram persilangan tersebut

- Dengan bimbingan guru, siswa menentukan rasio fenotif dan genotif

persilangan dihibrida.

c. Kegiatan Penutup

- Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran

E. Sumber pelajaran

1. Buku paket IPA

2. Buku refrensi yang relevant

3. Kancing genetika

F. Penilaian

Pertemuan 1,2, dan 3

a. Teknik : Tes tertulis

b. Bentuk : Isian dan Uraian

c. Instrument

1. Isian

1.Tentukan macam gamet dari induk yang bergenotif MM dan Mm !

2. Uraian

1. Organisme yang berfenotif bulat (bulat dominant terhada kisut) bergeneotif Bb di

silangkan dengan sesamanya. Tentukan perbandingan genotif dan fenotif keturu

nannya !

2. Kacang ercis berbiji bulat berwarna kuning homozygote (BBKK) disilangkan dengan kacang ercis berbiji kisur warna hijau(bbkk), Menghasilkan keturunan kacang yang semua bijinya bulat berwarna kuning. Tentukan perbandingan fenotif dan geotif dari hasil persilangan keturunannya.

Mengetahui                                     Bobotsari, Januari 2009

Kepala Sekolah                               Guru Mata Pelajaran

Amtorunajah.,S.Pd.                         R. Alexander Herry W, S.Pd.

NIP. 131267286                              NIP. 131854090

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN

( RPP 7 )

Sekolah             : SMP Negeri 2 Bobotsari

Kelas/Semester : IX/2 (Genap)

Mata Pelajaran  : IPA

Standar Kompetensi : Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar : 2.4. Mendiskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung

kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan..

Indikator : 1. Mendiskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam

produksi pangan

2. Mendata produk-prodk bioteknologi konvensional dan modern

di lingkungan sekitarnya.

3. Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari ( membuat tempe, fermentasi sari buah. Penanaman secara hidroponik dan aeroponik.)

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 4 jampel)

A. Tujuan Pembelajaran :

A.Peserta didik mampu :

A.1. Mendifinisikan pengertian Bioteknologi

A.2. Mendiskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan

A.3. Menyebutkan dan menjelaskan contoh-contoh bioteknologi konvensional di bidang

pangan

4. Menyebutkan dan menjelaskan contoh-contoh bioteknologi modern

2. Menjelaskan pengertian hidroponik, aeroponik, kultur jaringan pada tumbuhan

6. Membuat/produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam keidupan

sehari-hari.

B. Materi Ajar

Penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi

pangan.

C. Model dan Metode Pelajaran

1. Model : – Direct Instruktion (DI)

- Cooperative learning (CL)

2. Metode : – Eksprimen

- CTL

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan 1 (2 x 40’ )

1. Kegiatan pendahuluan

Motivasi

- Merperlihatkan kepada siswa salah satu bahan hasil bioteknologi ( tempe /tapai )

- Menanyakan kepada siswa behan dasar tempe / tapai dan proses pembuatannya.

Prasarat Pengetahuan

- Menanyakan pada siswa apakah arti bioteknolgi

- Bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern

2. Kegiatan Inti

- Guru membagi siswa dalam kelompok

- Guru meminta kelompok siswa melakukan studi pustaka mengenai manfaat

bioteknologi dalam produksi pangan baik konvensional maupun modern .

- Guru memimpin diskusi.

3. Kegiatan penutup

- Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran

- Guru menugaskan siswa mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan

modern di lingkungan sekitarnya.

Pertemuan 2 ( 2 x 40’)

a. Kegiatan Pendahuluan

Motivasi

Guru menanyakan produk-produk yang digunakan dalam pembuatan bahan pengan secara

Prasarat pengetahuan

Macam-macam mikroorganisme yang digunakan dalam pembuatan bahan pangan secara bioteknologi konvensional.

b.Kegiatan inti

- Guru mengorganisasikan siswa dalam kelompok

- Guru meminta kelompok siswa untuk merancang pembuatan bahan pangan secara

secara biotek konvesional. ( tempe, tapai singkong, tapai ketan)

- Guru meminta perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok

- Guru memberi penghargaan kepada kelomok yang telah memprentasikan hasil kerjanya

dengan baik

c.Kegiatan penutup

- Guru menugaskan pada tiap kelompok untuk membuat bahan pangan dengan

bioteknologi konvesional di rumah.

E. Sumber Belajar

1. Buku paket siswa

2. Buku IPA yang relevant

3. Lingkungan

4. LKS

F. Penilaian

1. Teknik penilaian : – Tes tertulis

- Penugasan

2. Bentuk Instrumen : – Uraian

- Tugas rumah

3. Instrument

Uraian

1. Jelaskan pengertian bioteknologi

2. Sebutkan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam poduksi

3. Sebutkan dan jelaskan contoh-contoh bioteknologi konvensional di bidang pangan

4. Jelaskan pengertian hidroponik, kultur jaringan pada tumbuhan

2. Sebutkan dan jelaskan contoh-contoh bioteknologi modern

Penugasan

1. Buatlah produk bioteknologi sederhana yang dapat di manfaatkan dalam

kehidupan sehari-hari !

Mengetahui                                               Bobotsari, Januari 2009

Kepala Sekolah                                         Guru Mata Pelajaran

Amtorunajah.,S.Pd.                                   R.Alexander Herry W, S.Pd.

NIP. 131267286                                         NIP. 131854090

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: